Faktor Risiko Infeksi Ginjal

Faktor Risiko Infeksi Ginjal – Infeksi ginjal merupakan jenis penyakit yang membuat penderitanya merasakan tidak nyaman atau bahkan nyeri. Infeksi ginjal ini disebabkan karena adanya bakteri yang berpindah tempat dari kandung kemih ke ginjal yang menimbulkan rasa nyeri ataupun rasa tidak nyaman. 

Penyakit ini disebabkan karena adanya bakteri atau virus yang menginfeksikan urine, Sehingga mencapai ginjal dengan melalui ureter atau dari aliran darah. Bakteri yang paling sering menginfeksikan urine yaitu bakteri E.Coli. Meski banyak bakteri atau atau virus yang menyebabkan infeksi urine, namun yang paling sering membuat infeksi yaitu bakteri E.Coli. 

Faktor Risiko Infeksi Ginjal

Faktor Risiko Infeksi Ginjal

Adapun beberapa hal yang dapat meningkatkan seseorang untuk terkena infeksi ginjal, seperti : 

  • Jenis kelamin 
    Wanita memiliki risiko tinggi untuk terkena infeksi ginjal dibandingkan dengan pria. Hal ini karena ureter pada wanita lebih pendek dibandingkan dengan laki-laki, sehingga bakteri sangat mudah masuk dan menginfeksikan kandung kemih dibandingkan dengan laki-laki. 
  • Sistem imun yang lemah
    Kondisi medis yang merusak sistem imun seperti penyakit diabetes, HIV, dan lain-lain dapat meningkatkan risiko terkena infeksi ginjal. Tidak hanya itu, sistem imun yang lemah lebih mudah untuk terserang berbagai penyakit dari luar. 
  • Gangguan Pada Saluran Urine 
    Terjadinya gangguan pada saluran urine seperti adanya penyumbatan pada saluran urine yang dapat menyebabkan perlambatan pada aliran urine atau mengurangi kemampuan untuk mengosongkan kandung kemih pada saat buang air kecil, seperti batu ginjal, kelenjar prostat membesar, dll. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko tinggi terkena infeksi ginjal. 
  • Penggunaan Kateter Dalam Jangka Waktu Panjang 
    Perlu untuk anda ketahui, penggunaan kateter dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat menimbulkan efek yang berbahaya, salah satunya yaitu terjadinya infeksi pada ginjal yang disebabkan oleh bakteri atau virus. 
  • Vesicoureteral reflux
    Yaitu adanya aliran kencing yang mengarah balik keginjal. 
  • Seseorang yang aktif secara seksual 
    Hungan seksual yang terlalu sering dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada ureter, sehingga akan mempermudah bakteri masuk pada dalam kandung kemih. 

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Faktor Risiko Infeksi Ginjal semoga bermanfaat bagi yang membacanya
Terimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *