Infeksi Ginjal Pada Anak

Infeksi Ginjal Pada Anak – Infeksi ginjal tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Namun anak-anak pun dapat terserang dengan penyakit yang satu ini. Sebagai orang tua, tentunya kita tidak ingin melihat anak terserang oleh penyakit, terutama penyakit infeksi ginjal yang satu ini. Untuk itu, kita sebagai orang tua harus mengetahui apa saja yang dialami oleh anak anda yang terkena infeksi. 

Infeksi Ginjal Pada Anak

Infeksi Ginjal Pada Anak

Infeksi Ginjal Pada Anak merupakan suatu keadaan yang harus diwaspadai oleh para orang tua. Infeksi Ginjal atau dalam bahasa medis yaitu pieolefritis merupakan adanya masalah pada ginjal yang disebabkan karena perpindahan bakteri dari kandung kemih ke ginjal yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman atau bahkan nyeri. 

Tidak hanya itu, Penyebab infeksi  ginjal pada anak juga bisa disebabkan karena terdapat komplikasi pada infeksi saluran kemih. Penting untuk anda ketahui, infeksi ginjal lebih rentan terjadi pada wanita dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini karena saluran uretra pada wanita lebih pendek dibandingkan dengan pria, itu sebabnya wanita lebih sering megalami hal ini dibandingkan dengan laki-laki. 

Infeksi ginjal biasanya akan masuk melalui uretra, sebelum akhirnya masuk pada kandung kemih dan menginfeksikan saluran kemih tersebut. Perlu untuk anda ketahui juga, jika anak mengalami infeksi ginjal maka sebaiknya segeralah untuk mengobatinya. Karena jika infeksi ginjal ini dibiarkan tanpa melakukan penanganan yang cepat, maka kemungkinan besar akan terjadi komplikasi. 

Adapun beberapa gejala infeksi ginjal pada anak seperti : 

  • Nyeri perut 
    Nyeri pada bagian perut disebabkan karena infeksi ginjal yang sudah menyebar dan mulai menginfeksikan lebih parah lagi, sehingga menyebabkan nyeri pada perut. 
  • Nafsu Makan Yang Berkurang 
    Infeksi pada ginjal juga menyebabkan anak mengalami kekurangan selera makan. 
  • Rewel 
    Mungkin hal ini wajar saja terjadi pada anak yang mengalami infeksi ginjal. Rewel pada anak bisa disebabkan karena rasa sakit pada bagian perut yang disebabkan oleh infeksi ginjal, sehingga anak lebih mudah rewel. 
  • Demam Mengigil 
    Tidak hanya rewel, jika anak mengalami infekjsi ginjal akan menyebabkan demam hingga mengigil. Hal ini disebabkan karena tubuh terserang bakteri infeksi yang menyebabkan infeksi ginjal. 
  • Tubuh Lemas 
    Mengalami tubuh kemas pada anak disebabkan karena asupan nutrisi yang kurang, sehingga menyebabkan badan terasa lemas. 
  • Sakit Saat Buang Air Kecil 
    Penyebab sering buang air kecil pada anak yang disertai dengan timbunya rasa nyeri disebabkan karena adanya luka yang menyebabkan infeksi, sehingga membuat anak tidak merasa nyaman pada saat buang air kecil. 

Nah, itulah sekilas informasi mengenai infeksi ginjal pada anak serta gejala infeksi ginjal pada anak. Jika gejala-gejala tersebut tidak kunjung sembuh, maka periksakanlah lebih lanjut untuk mencegah tingkat keparahan akibat infeksi ginjal. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *