Penyebab Infeksi Ginjal Pada Anak

Penyebab Infeksi Ginjal – Infeksi ginjal merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus, virus dan bakteri tersebut menyebabkan infeksi yang mempengaruhi ginjal hingga memicu penyakit pielonefitis. Infeksi tersebut juga dapat menyebabkan luka hingga mengakibatkan gagal ginjal. 

Tidak hanya orang dewasa saja yang dapat terkena oleh penyakit yang satu ini, Faktor risiko Infeksi ginjal juga dapat menyerang anak-anak khususnya anak perempuan. Tahukah anda apa penyebab infeksi ginjal dapat menyerang anak-anak ? Nah, berikut ini kami akan membahas mengenai penyebab infeksi ginjal pada anak. Simak informasi dibawah ini. 

Penyebab Infeksi Ginjal Pada Anak

Penyebab Infeksi Ginjal

Penyebab infeksi ginjal yang paling umum terjadi yaitu karena adanya bakteri E.colli, yang berasal dari usus. Kebanyakan infeksi ginjal terjadi karena bakteri yang menyebar dari anus ke ureter. Adapun beberapa faktor yang mneingkatkan anak terinfeksi ginjal : 

  • Jenis kelamin 
    Anak Perempuan lebih berisiko terkena infeksi ginjal dibandingkan dengan anak laki-laki. Hal tersebut dikarenakan uretra perempuan lebih pendek dibandingkan dengan laki-laki, sehingga sangat mudah untuk terinfeksi. 
  • Sistem imun lemah
    Kondisi medis yang merusak sistem imun seperti diabetes dan HIV, dapat meningkatkan risiko Infeksi ginjal. 
  • Penggunaan Kateter Dalam Jangka Waktu Panjang 
    Kateter umumnya digunakan untuk membantu pasien mengeluarkan urine, Namun tahukah anda bahwa penggunaan kateter dalam jangka waktu yang panjang dapat merusak saluran kemih dan menyebabkan infeksi ginjal. 
  • Gangguan Pada Saluran Urine 
    Apapun yang memperlambat aliran urine seperti batu ginjal, Kelainan struktur pada sisitem urine, atau penyebab prostat membengkak, dapat meningkatkan risiko anak untuk terkena infeksi ginjal. 
  • Menunda Buang Air Kecil 
    Menunda buang air kecil dalam jangka waktu yang cukup lama juga dapat menyebabkan infeksi pada ginjal. Oleh karena itu, hindari menunda buang air kecil terlalu lama. 
  • Toilet Yang Kotor 
    Toilet yang kotor dan jarang dibersihkan merupakan sarang utama bakteri untuk mudah menyebar, salah satunya yaitu bakteri penyebab infeksi ginjal. Tolilet yang kurang bersih akan memudahkan bakteri atau virus menyebar dan menginfeksikan saluran kemih. Oleh sebab itu, menjaga kerbersihan toilet sangat penting. 

Baca juga : Khasiat tanaman kumis kucing untuk infeksi ginjal

Semoga bermanfaat, Terimakasih. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *