Penyebab Sering Buang Air Kecil

Penyebab Sering Buang Air Kecil – Terlalu sering buang air kecil disebabkan karena minum yang terlalu banyak atau berlebihan. Tidak hanya itu, sering buang air kecil juga dapat disebabkan karean kondisi medis yang tentunya tidak boleh disepelekan. Pada normalnya, buang air kecil dalam sehari 4-8 kali atau sebanyak 1-1,8 liter. 

Mengkonsumsi air minum memang sangat baik untuk tubuh, namun jika mengkonsumsi minum terlalu berlebihan dan terlalu sering dapat menyebabkan sering buang air kecil. Apalagi jika minum tersebut dilakukan pada malam hari dan mendekati jam tidur tentunya membuat sering membuang air kecil, bahkan hingga terbangun di malam hari. 

Penyebab Sering Buang Air Kecil

Penyebab Sering Buang Air Kecil

Tidak hanya disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi air, penyebab sering buang air kecil juga bisa disebabkan karena kondisi medis. Nah, berikut ini ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan sering buang air kecil. 

  • Infeksi Saluran Kemih 
    Infeksi saluran kemih merupakan kondisi dimana organ dalam seperti ginjal, uretra, dan kandung kemih mengalami infeksi. Infeksi ini menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, bahkan sering menimbulkan rasa nyeri pada perut bagian bawah. 
  • Infeksi Ginjal 
    Meski penyakit ini jarang ditemui seperti infeksi saluran kemih, namun infeksi ginjal kondisinya lebih serius dibandingkan dengan infeksi saluran kemih. Biasanya infeksi ginjal sering menimbulkan beberapa gejala seperti sakit punggung, mual, muntah, demam, bahkan mengigil, sakit pada pangkal paha. 
  • Kandung kemih terlalu aktif 
    Kondisi dimana otot kandung kemih berkontraksi secara berlebihan yang dapat menyebabkan keinginan untuk membuang air kecil meskipun kandung kemih belum penuh oleh urine. 
  • Kehamilan 
    Pada awal kehamilan, ureter akan terus tumbuh dan menekan kandung kemih sehingga menyebabkan sering buang air kecil. Kondisi ini perlu untuk diwaspadai. 
  • Batu Ginjal 
    Batu ginjal merupakan pembentukan mineral yang ada didalam ginjal. Biasanya batu ginjal sering menimbulkan gejala seperti kencing yang keluar sedikit-sedikit yang disertai rasa nyeri, atau bahkan rasa sakit pada bagian bawah perut. Tidak hanya itu, batu ginjal juga menyebabkan keluar darah dalam urine atau warna urine menjadi gelap. 
  • Gangguan Prostat
    Penyebab Prostat Membengkak yang terjadi pada prostat dapat menyebabkan penekanan pada uretra atau saluran kemih hingga menutup aliran urine. Hal tersebut menyebabkan dinding kandung kemih mengalami iritasi, sehingga menyebabkan kandung kemih lebih mudah terkontraksi bahkan ketika hanya ada sedikit urine, sehingga menyebabkan timbulnya rasa ingin buang air kecil. 
Semoga bermanfaat, dan terimakasih sudah menyimak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *