Tips Cara Mencegah Infeksi Ginjal

Tips Cara Mencegah Infeksi Ginjal – Infeksi ginjal atau biasa disebut dengan piolenefritis merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh komplikasi komplikasi dari saluran kemih. Penyebab penyakit infeksi ginjal yaitu bakteri E.coli yang berasal dari kotoran manusia. Bakteri tersebut dapat masuk dengan melalui kulit yang berada disekitar uretra.

Bakteri tersebut pindah dari kandung kemih menuju ginjal, sehingga menimbulkan ciri-ciri infeksi ginjal seperti timbul rasa tidak nyaman atau nyeri. Infeksi ginjal lebih sering menyerang wanita dibandingkan dengan pria. Hal ini karena uretra pada wanita lebih pendek dibandingkan dengan pria. Oleh karena itu, wanita lebih sering terkena infeksi ginjal dibandingkan dengan pria.

Tips Cara Mencegah Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal tentunya dapat dicegah dengan melakukan hal-hal positif seperti merubah gaya pola hidup yang sehat serta mengkonsumsi makanan yang sehat. Hal tersebut dapat membuat kita terhindar dari penyakit infeksi ginjal, Namun ada beberapa Tips Cara Mencegah Infeksi Ginjal yang perlu anda lakukan.

  1. Menjaga Kebersihan Organ Intim
    Langkah yang pertama yang perlu untuk anda lakukan agar terhindar dari infeksi ginjal yaitu selalu menjaga kebersihan organ intim.  Hal ini dikarenakan kebanyakan kasus infeksi ginjal disebabkan karena kebiasaan buruk menjaga kebersihan organ intim.Kebersihan organ intim yang tidak terjaga dapat membuat bakteri serta virus berkembang biang dengan cepat sehingga menyebabkan infeksi ginjal atau saluran kemih.
  2. Mencuci Organ Intim
    Hal yang paling penting dilakukan yaitu selalu mencuci organ intim dengan benar agar tetap bersih. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan organ intim agar terhindar dari bakteri yang dapat masuk kedalam tubuh.Mencuci organ intim yang benar yaitu dengan cara membersihkan bagian depan terlebih dahulu kemudian bagian belakang. Hal ini dilakukan bertujuan agar bakteri tidak berpindah kedepan.
  3. Menghindari Seks Bebas
    Salah satu penyebab utama infeksi ginjal yaitu dengan melakukan seks bebas. Perlu anda ketahui, seks bebas dapat meningkatkan risiko tinggi untuk terkena infeksi ginjal. Selain meningkatkan risiko tinggi untuk terkena infeksi ginjal, seks  bebas juga dapat memicu risiko untuk terkena berbagai penyakit lainnya.
  4. Hindari menggunakan kateter
    Tips Cara Mencegah Infeksi Ginjal selanjutnya adalah hindari menggunakan kateter secara berlebih. Biasanya, kateter digunakan pada saat kondisi tertentu seperti sakit. Penggunakan kateter secara berlebih ternyata dapat meningkatkan risiko tinggi terkena infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal, maka dari itu gunakanlah kateter hanya dalam kondisi tertentu saja.
  5. Tidak menahan kencing
    Bahaya mehana kencing dapat meningkatkan risiko terkena perkembangbiakan bakteri pada saluran kemih. Tidak hanya itu, menahan kencing yang terlalu lama juga dapat meningkatkan resiko terkena batu ginjal yang dapat memperburuk kondisi tubuh. Maka dari itu, hindarilah kebiasaan buruk menahan kencing yang terlalu lama.
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah berbagai macam jenis penyakit salah satunya penyakit infeksi ginjal.

Dan itulah beberpa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah infeksi ginjal, semoga informasi ini bermanfaat.

One thought to “Tips Cara Mencegah Infeksi Ginjal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *